logoblog

Malas Antri ke Salon Helm? Ini Langkah Mudah Mencuci Helm Sendiri di Rumah

Malas Antri ke Salon Helm? Ini Langkah Mudah Mencuci Helm Sendiri di Rumah

Perbaiki Sendiri

Dibaca:3906 close
Malas Antri ke Salon Helm? Ini Langkah Mudah Mencuci Helm Sendiri di Rumah
share

Mencuci helm sebenarnya cukup mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah jika memang anda sedang tidak malas atau sedang banyak waktu luang. Sebagai seorang biker yang kreatif semestinya melakukan hal ini akan memberikan kesenangan tersendiri selain bertujuan untuk berhemat. Lalu bagaimana cara mencuci dan membersihkan helm yang baik dan benar? Jika anda memiliki helm yang berharga mahal meskipun bukan helm yang sekelas kompetisi untuk ajang road race atau cross, tidak ada salahnya anda menerapkan cara merawat helm berikut ini setidaknya sebulan sekali untuk di cuci.

Perlengkapan yang diperlukan:
– Air Bersih
– Shampoo
– Ditergen
– Kit helm
– Minyak silikon
– Pengharum
– Kanebo
– Obeng
– Sikat Gigi anak-anak
– 2 buah ember

Malas Antri ke Salon Helm? Ini Langkah Mudah Mencuci Helm Sendiri di Rumah
Langkah langkah mencuci helm:

  • Larutkan shampoo kedalam satu ember air bersih hangat aduk hingga berbusa untuk memastikan shampoo benar benar tercampur dengan merata.
  • Bongkar bagian bagian helm satu persatu mulai dari melepas kaca, hingga busa maupun karet seal menggunakan perkakas yang elah anda siapkan, biasanya akan berbeda untuk masing masing merek bagaimana cara membongkarnya. Untuk itu jangan melakukan nya dengan terburu, pastikan anda memahami terlebih dahulu sebelum bertindak yang bisa berakibat fatal.
  • Rendamlah spons serta busa helm ke dalam larutan shampoo tadi selama kurang lebih 15 menit kemudian sikat dengan lembut untuk melepaskan kotoran yang membandel. Biasanya karena keringat yang menempel adalah biang penyebab timbulnya aroma kurang sedap.
  • Proses pembersihan kaca helm harus di lakukan dengan hati hati untuk menjaganya agar tidak terjadi goresan.
  • Untuk pencucian bagian keras helm bisa anda gunakan sikat gigi agar bisa mencapai permukaan yang paling sempit (ventilasi helm). Karena disanalah biasanya kotoran debu membandel akan tertinggal dan menjadikan helm tampak kusam.
  • Jika semua bagian telah melalui tahap pencucian hingga anda bilas, saatnya melakukan proses pengeringan.
  • Untuk bagian kain, spons, maupun busa helm bisa anda keringkan langsung dengan di gantung ataupun dikeringkan dengan mesin pengering (spin) jika ada. Sedangkan untuk bagian keras bisa di lap terlebih dahulu menggunakan kanebo kemudian di jemur atau gunakan hair dryer jika ada.
  • Setelah semuanya kering barulah anda rakit kembali bagian bagian helm secara benar dan tepat agar nanti tetap nyaman dipakai.
  • Langkah paling akhir adalah proses finishing meliputi pemberian spray parfum pewangi untuk bagian dalam helm. Jangan mengunakan pengharum yang mengandung kadar alcohol tinggi karena dapat merusak spons dan busa helm.
  • Gunakan kit helm (silicon) untuk mengkilapkan bagian luar dan kaca helm. Selain mengkilapkan, hal ini juga bertujuan untuk membuat permukaan licin sehingga air dan debu tidak mudah menempel yang bisa mengakibatkan kaca memudar.


Mudah bukan? lakukan dengan baik dan benar untuk mendapatkan hasil maksimal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Artikel Terkait

Beli Helm "Full Face" Sembarangan, Bisa Bahaya! Yuk Baca Aturannya

 Ukuran helm masing-masing orang tidak selalu sama, tergantung dari besar kecilnya kepala. Oleh sebab itu, setiap produsen selalu menyediakan beragam ukuran, ... Selengkapnya

Cara Mudah Pakai Eyeliner Cair Dengan 3 Langkah

Mata adalah salah satu bagian wajah yang dapat menjadi daya tarik, oleh karena itulah para wanita merias mata mereka dengan pensil ... Selengkapnya

Doa Masuk Rumah yang Mudah Dihafal

Rumah adalah tempat tinggal yang diisi oleh keluarga tercinta. Dimana kita selalu mengharapkan rumah tempat tinggal kita selalu diberkahi dan terhindar ... Selengkapnya

Sebelum Mengecat Rumah, Ketahui Arti Warna Cat Rumah Anda Agar Menjadi Semakin Nyaman

Saat memutuskan untuk membangun rumah idaman, sang pemilik rumah bisa memainkan imajinasi mereka dengan "liar". Misalnya saja berencana bermain dengan beragam ... Selengkapnya


advertisement
Masih Hangat
 
Banyak Dilihat

Akhir Artikel

Buka Kategori Untuk Info Menarik Lainnya